Latihan soal ujian Sekolah
Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih pilihan yang paling benar antara
A, B, C, atau D.
Bacalah artikel berikut dengan saksama!
Akhlak dalam Kehidupan Bertetangga dan Bermasyarakat
SURAKARTA, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) secara rutin melakukan kajian tarjih yang dilaksanakan secara online setiap Selasa, (25/10) dengan narasumber Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) UMS Dr. H. Syamsul Hidayat, M.Ag. ini mengangkat tema “Akhlak dalam Kehidupan Bertetangga dan Bermasyarakat”. Menurutnya, akhlak dalam kehidupan masyarakat itu yang berdasarkan PHIWM, pertama akhlak dalam bertetangga. Kedua akhlak dalam hubungan sosial kemasyarakatan (masuk dalam berjamaah, berorganisasi) berdasarkan nilai akhlak Islam.
“Islam sangat memperhatikan adab bagaimana berbuat baik kepada tetangga. Jangan sampai menolong atau mengunjungi bertetangga dan sekaligus menimbulkan masalah atau mengganggu hubungan bermasyarakat. Hal ini harus dipahami agar tercipta keharmonisan dalam kehidupan sosial,” ujarnya.
Menurutnya, PHIWM menjelaskan pandangan tata nilai, baik secara umum maupun secara kebijakan organisasi Muhammadiyah atau masyarakat yang lebih luas, dengan visi dan misi. “Hal ini menjadi perangkat pengamalan muslim tidak terlepas warga Muhammadiyah atau bukan, tetapi seluruh masyarakat,” katanya.
Sumber: suaramuhammadiyah.id.
1. Berdasarkan artikel tersebut, akhlak yang seharusnya dilakukan oleh muslim terhadap tetangga adalah ...
A. membantu dan mengganggu
B. menyakiti dan mengganggu
C. membantu dan menghargai
D. menolong dan menyakiti
2. PHIWM mengatur banyak aspek kehidupan termasuk bermasyarakat. PHIWM merupakan hasil keputusan resmi Muhammadiyah yang dirumuskan melalui musyawarah bernama ...
A. Kongres
B. Muktamar
C. Munas
D. Rembug
3. Al-Qur’an adalah pedoman utama umat Islam dalam berbagai aspek kehidupan. Dalam Qur’an Surah Ali-Imran ayat 104, Allah memberi perintah kepada umat Islam untuk melakukan ....
A. amar ma’ruf nahi munkar
B. amar munkar nahi ma’ruf
C. amar munkar nahi munkar
D. amar ma’ruf nahi ma’ruf
4. Lembaga adalah unsur pembantu Pimpinan Persyarikatan Muhammadiyah. Lembaga yang bertugas untuk memonitori pelaksanaan Gerakan Jama’ah Dakwah Jama’ah (GJDJ) di masyarakat adalah ....
A. Lembaga Amil Zakat Infaq Shadaqah
B. Lembaga Pengembangan Persyarikatan
C. Lembaga Pengkajian Ilmu Pengetahuan
D. Lembaga Pengembangan Cabang dan Ranting
5. Gerakan Jama’ah Dakwah Jama’ah merupakan keputusan resmi Muhammadiyah. Meningkatkan keaktifan dan membina masyarakat supaya sejahtera lahir dan batin merupakan ... Gerakan Jama’ah Dakwah Jama’ah.
A. pengertian
B. tujuan
C. upaya
D. nilai
Bacalah teks berikut sebelum mengerjakan soal nomor 1–3!
> KH. Mas Mansyur dan Buya Hamka adalah dua tokoh ulama besar yang memiliki peran penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Keduanya dikenal sebagai pemikir dan pemimpin yang gigih dalam menyuarakan semangat kemerdekaan melalui dakwah, tulisan, dan ceramah-ceramah mereka. Selain itu, mereka juga aktif dalam menggalang dukungan masyarakat untuk perjuangan kemerdekaan, baik melalui kegiatan sosial maupun intelektual. Tidak hanya berhenti di situ, pada masa perang kemerdekaan, mereka juga turut aktif dalam memberikan bantuan medis kepada para pejuang yang terluka. Dengan berbagai upaya dan kontribusi mereka, KH. Mas Mansyur dan Buya Hamka menjadi tokoh-tokoh yang sangat dihormati dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia.
1. Siapakah di antara mereka yang dikenal sebagai seorang ulama besar yang aktif dalam menyampaikan pemikiran dan semangat kemerdekaan melalui khutbah dan tulisan-tulisannya?
A. KH. Mas Mansyur
B. Buya Hamka
C. Keduanya
D. Tidak ada yang benar
2. Dalam upaya menggalang dukungan masyarakat untuk perjuangan kemerdekaan, salah satu cara yang dilakukan oleh KH. Mas Mansyur dan Buya Hamka adalah melalui kegiatan...
A. Mendirikan partai politik
B. Membentuk kelompok bersenjata
C. Memberikan ceramah dan khutbah
D. Menjadi agen rahasia
3. Pada saat terjadinya perang kemerdekaan, peran KH. Mas Mansyur dan Buya Hamka tidak hanya terbatas pada ranah sosial dan intelektual, tetapi juga aktif dalam mendukung perjuangan secara fisik. Salah satu peran mereka adalah:
A. Menjadi pemimpin militer
B. Menjadi anggota polisi rahasia
C. Memberikan bantuan medis kepada pejuang
D. Melakukan aksi sabotase kepada penjajah
4. Kiai Haji Mas Mansur pernah mencapai puncak karier menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Muhammadiyah. Namun jabatan tersebut didapatkannya melalui karier organisasi dari bawah yaitu ...
A. menjadi asisten Kiai Haji Ahmad Dahlan ketika berdakwah di Surabaya
B. mengikuti kepengurusan Hizbul Wathan Muhammadiyah Cabang Surabaya
C. menjadi Guru sekolah Persyarikatan Muhammadiyah Cabang Surabaya
D. mendirikan dan menjadi Ketua pertama Muhammadiyah Cabang Surabaya
5. Ketika memimpin Pengurus Besar Muhammadiyah, Kiai Haji Mas Mansur menjalankannya dengan amanah. Kiai Haji Mas Mansur merumuskan beberapa prinsip berorganisasi yang dikenal dengan nama ...
A. Langkah Dua Belas
B. Kepribadian Muhammadiyah
C. Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah
D. Majelis Tarjih Muhammadiyah
6. Buya Hamka dikenal sebagai Ulama’ yang memiliki kepiawaian dalam hal menulis. Salah satu karya monumental Buya Hamka dalam bidang ilmu al-Qur’an adalah kitab Tafsir ...
A. Al-Misbah
B. Al-Azhar
C. Al-Faruq
D. Ar-Risalah
7. Sejak muda, Buya Hamka telah menjadi bagian dari Muhammadiyah. Bahkan ia pernah diutus oleh Pengurus Besar Muhammadiyah ke Sulawesi sebagai muballigh yang tugas utamanya adalah ..
A. menyampaikan nilai-nilai ajaran Islam
B. menulis hasil keputusan rapat Muhammadiyah
C. menjaga aset berharga milik Muhammadiyah
D. membagikan sedekah ke masyarakat
8. Buya Hamka dikenal oleh masyarakat Islam lintas negara karena berbagai karyanya. Dua negara yang memberi gelar doktor kehormatan pada Buya Hamka adalah ...
A. Arab Saudi dan Mesir
B. Arab Saudi dan Malaysia
C. Mesir dan Malaysia
D. Malaysia dan Libya
9. Pada masa mudanya, Buya Hamka menempuh pendidikan formal di lembaga yang didirikan oleh Ayahnya. Lembaga pendidikan yang dimaksud adalah ...
A. Mu’allimin
B. Tsanawiyah
C. Ibtidaiyyah
D. Thawalib
10. Karya tulis Buya Hamka hingga saat ini masih banyak diminati oleh masyarakat terutama umat Islam. Karya Buya Hamka yang paling banyak diterbitkan dan digemari oleh masyarakat Malaysia adalah ....
A. Di Bawah Lindungan Ka'bah
B. Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck
C. Tasawuf Modern
D. Revolusi Agama
Bacalah teks berikut sebelum mengerjakan soal nomor 1–3!
> Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) adalah organisasi pelajar yang didirikan sebagai bagian dari Gerakan Muhammadiyah. IPM berdiri pada tanggal 7 Agustus 1930 di Surakarta oleh sekelompok pelajar yang terinspirasi oleh semangat perjuangan Muhammadiyah. Mereka bertekad untuk membentuk wadah organisasi yang mampu mengembangkan potensi intelektual, sosial, dan spiritual para pelajar Muhammadiyah. Lambang IPM terdiri dari padi dan kapas yang melambangkan kesejahteraan dan sebuah buku yang melambangkan ilmu pengetahuan. Semboyan IPM adalah “Berilmu, Berkarakter, Berdaya” yang mengisyaratkan pentingnya pendidikan, akhlak, dan budaya bagi para anggotanya.
1. Apa yang menjadi motivasi utama pendirian Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM)?
A. Mempertahankan kebudayaan tradisional
B. Mengembangkan potensi intelektual, sosial, dan spiritual pelajar Muhammadiyah
C. Memperjuangkan kemerdekaan Indonesia
D. Menjaga keamanan dan ketertiban di sekolah
2. Apa yang melambangkan Lambang IPM?
A. Padi dan kapas
B. Pedang dan perisai
C. Burung garuda
D. Bintang dan bulan
3. Apa yang dimaksud dengan semboyan IPM “Berilmu, Berkarakter, Beradab”?
A. Mencapai prestasi akademik tinggi
B. Menerapkan prinsip-prinsip agama secara kaku
C. Menjaga keseimbangan antara ilmu pengetahuan, karakter, dan budaya
D. Menjadi anggota IPM yang aktif dan berdedikasi
4. Pada masa Orde Baru, Pemerintah Republik Indonesia pernah menyatakan bahwa satu-satunya organisasi pelajar di sekolah adalah Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Adanya kebijakan ini sempat membuat IPM berganti nama menjadi ....
A. Pemuda Muhammadiyah
B. Nasyi’atul ‘Aisyiyah
C. Ikatan Remaja Muhammadiyah
D. Angkatan Muda Muhammadiyah
5. Lambang IPM memiliki makna dan arti yang tercantum dalam Anggaran Dasar maupun Anggaran Rumah Tangga. Lambang IPM berbentuk ....
A. pena
B. melati
C. padi
D. matahari
6. IPM mempunyai semboyan yang tercantum dalam Anggaran Dasarnya. Semboyan IPM adalah ....
A. sedikit bicara banyak bekerja
B. demi pena dan apa yang dituliskannya
C. dengan iman dan akhlak saya menjadi kuat
D. berlomba-lomba dalam hal kebaikan
7. IPM merupakan organisasi modern yang memiliki tingkatan untuk koordinasi dan komunikasi. Pimpinan tertinggi dalam IPM disebut ....
A. Pimpinan Wilayah
B. Pimpinan Cabang Istimewa
C. Pimpinan Ranting
D. Pimpinan Pusat
8. Keberadaan IPM wajib untuk seluruh lembaga pendidikan Muhammadiyah. Pimpinan IPM yang bertempat di satuan lembaga pendidikan Muhammadiyah disebut ....
A. Pimpinan Wilayah
B. Pimpinan Cabang Istimewa
C. Pimpinan Ranting
D. Pimpinan Pusat
1. Siapakah Agus Salim dalam sejarah perjuangan Indonesia?
a. Seorang pemimpin militer
b. Seorang diplomat dan pejuang kemerdekaan
c. Seorang gubernur pertama Indonesia
d. Seorang ekonom terkemuka
2. Apa peran utama Agus Salim dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia?
a. Memimpin pasukan gerilya
b. Menjadi juru bicara Indonesia di forum internasional
c. Menulis buku tentang strategi militer
d. Menjadi presiden pertama Indonesia
3. Jenderal Sudirman dikenal dengan strateginya yang disebut:
a. Strategi diplomasi
b. Strategi ekonomi
c. Strategi gerilya
d. Strategi urbanisasi
4. Di mana Jenderal Sudirman memimpin perang gerilya yang terkenal melawan Belanda?
a. Jawa Barat
b. Jawa Tengah
c. Sumatera Utara
d. Sulawesi Selatan
5. Salah satu kontribusi besar Agus Salim adalah:
a. Membentuk Tentara Nasional Indonesia
b. Menyusun UUD 1945
c. Menghadiri Konferensi Meja Bundar
d. Menggalang dana untuk kemerdekaan
6. Apa tujuan utama dari pelatihan perkaderan IPM Taruna Melati III?
a. Meningkatkan keterampilan akademik
b. Mengokohkan kepemimpinan pelajar
c. Meningkatkan kemampuan olahraga
d. Mempererat hubungan sosial antar pelajar
7. Metode pelatihan apa yang paling efektif digunakan dalam Taruna Melati III?
a. Ceramah
b. Diskusi kelompok
c. Pembelajaran mandiri
d. Kuliah umum
8. Media apa yang paling cocok digunakan dalam penyampaian materi perkaderan Taruna Melati III?
a. Buku cetak
b. Video interaktif
c. Poster
d. Surat kabar
9. Dalam penyelenggaraan pelatihan perkaderan, langkah awal yang harus dilakukan adalah...
a. Menentukan lokasi pelatihan
b. Mengundang peserta
c. Merancang kurikulum pelatihan
d. Mempersiapkan alat dan bahan
Komentar
Posting Komentar